PARADE HUDOQ CROSS BORDER 2019 MERIAH

PARADE HUDOQ CROSS BORDER 2019 MERIAH

Sumber : Jhay dayaknews

MAHAKAM ULU – Sebelum acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019, ratusan peserta kegiatan Hudoq dari 5 kecamatan se – Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) melakukan parade Hudoq di sungai mahakam, Kamis (24/10/19).

Parade Hudoq ini disambut dengan penuh antusias oleh ratusan peserta yang mengikutinya dan juga masyarakat. Hal ini nampak terlihat jelas saat rombongan parade Hudoq tiba di pelabuhan Ujoh Bilang, Kab Mahulu.

Festival Hudoq Cross Border 2019 yang diadakan oleh Pemerintah Kab Mahulu ini, masih sama seperti tahun 2018 yang lalu. Salah satu agendanya ialah parade peserta Hudoq di sungai mahakam dengan menggunakan perahu atau kapal motor.

“Kemudian dilanjutkan dengan mengelilingi Kampung Ujoh Bilang, tempat dimana acara Hudoq Cross Border 2019 dilaksanakan.”

Sebelum dilaksanakan nya parade, ratusan peserta Hudoq tersebut berkumpul disuatu tempat ditepi sungai mahakam, tempat itu biasa disebut karangan oleh warga setempat.

“Ditempat itulah para peserta parade mempersiapakan pakaian Hudoq mereka, setelah semua nya siap, selanjutnya peserta naik keatas beberapa perahu atau kapal motor yang sudah disediakan.”

“Selanjutnya peserta parade berlayar menggunakan perahu atau kapal motor, menuju ke pelabuhan Ujoh Bilang.”

Menurut Toni, salah seorang kontingen asal Kec Laham, adapun maksud dari parade ini adalah sebagai ucapan selamat datang. Dan juga merupakan tradisi yang dilakukan sebelum acara dimulai.

Setelah selesai melakukan parade, ratusan peserta Hudoq, berkumpul di lapangan tempat acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019 dilaksanakan.

Dan para peserta parade hudoq mengikuti acara pembukaan Hudoq Cross Border 2019, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Kab Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.