HADIRI PEMBUKAAN FESTIVAL HUDOQ CROSS BORDER 2019, WALIKOTA SAMARINDA PULANG KAMPUNG

HADIRI PEMBUKAAN FESTIVAL HUDOQ CROSS BORDER 2019, WALIKOTA SAMARINDA PULANG KAMPUNG

Laporan : Jhay dayaknews

MAHAKAM ULU – Rombongan tamu undangan dari dari sejumlah daerah nampak mulai berdatangan di Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), guna mengikuti dan menyaksikan kemeriahan pada acara pembukaan Festival Hudoq Cross Border 2019. Yang akan dibuka langsung oleh Bupati Kab Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, pada hari Kamis (24/10/19) besok.

Hari ini telah tiba salah satu tamu kehormatan yaitu, Walikota Samarinda Syaharie Jaang beserta rombongan. Rombongan Walikota Samarinda tersebut datang menggunakan transportasi speedboat dari pelabuhan Tering, Kab Kubar. Setelah menempuh perjalanan melintasi sungai Mahakam selama kurang lebih 3 jam akhir nya rombongan Walikota Samarinda tiba di Dermaga Ibukota Kab Mahulu, Ujoh Bilang pada Rabu (23/10/19).

“Setibanya dermaga pelabuhan Ujoh Bilang,Walikota Samarinda,Syaharie Jaang, disambut langsung oleh Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh SH dan selanjutnya dilakukan ritual adat penyambutan tamu secara adat Dayak Bahau dengan dipasangkan gelang manik ditangan kanan serta kalung manik.”

Ini adalah suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Kab Mahulu. Karena pada Festival Hudoq Cross Border 2019 kali ini dihadiri Walikota Samarinda, Bapak Syaharie Jaang, yang juga putra terbaik dari Kab Mahakam Ulu.” ungkap Bonifasius Belawan Geh SH, saat diwawancara awak media.

Dia juga memberi apresiasi dan bangga atas antusias dari masyarakat 50 kampung, yang tersebar 5 kecamatan se-Kab Mahulu. Atas peran serta dan dukungan masyarakat dalam mensukseskan Festival Hudoq Cross Border. Karena kegiatan ini adalah benar – benar menyajikan kesenian dan budaya asli milik masyarakat Kab Mahulu, ujar nya.

“Kesenian tari Hudoq adalah warisan peninggalan leluhur suku Dayak Bahau, Modang dan Kayan. Yang harus kita jaga dan lestarikan”

“Hudoq diadakan setiap setahun sekali, tujuannya ialah untuk memohon berkah dan rahmat Tuhan agar padi yang telah ditanam nantinya dapat menghasilkan panen yang melimpah sehingga dapat membawa kemakmuran bagi masyarakat.”

“Dengan selenggarakan nya seni budaya Hudoq ini, semoga mampu menggerak kan serta meningkatkan ekonomi kerakyatan melalui pemberdayaan masyarakat. Terutama bidang seni budaya dan pariwisata, harap Bupati.”

Bupati Mahulu juga berharap Disparpora melalui bidang seni dan budaya, agar dapat terus menguatkan sinergitas antar lembaga dan masyarakat. Dan mengembangkan seni dan budaya yang lebih baik lagi kedepan nya, hingga melalui kegiatan – kegiatan seperti ini dapat menjadikan Kab Mahulu sebagai tujuan wisata kedepan nya.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kab Mahulu , saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu dan undangan dalam acara Festival Hudoq Cross Border 2019 ini, pungkas Bonifasius Belawan Geh SH.

Turut hadir mendampingi Bupati Kab Mahulu dalam acara penyambutan tamu undangan yakni, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Sekda Mahulu Yohanes Avun, Kadisparpora Mahulu Kristina Tening, Camat Long Bagun Yason Liah, dan sejumlah anggota DPRD dan para tokoh masyarakat Mahulu.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.