5 Puskesmas Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

5 Puskesmas Gelar Simulasi Penanganan Kebakaran

LANDAK – Marsela Hernikola, SKM Kasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan dan Peningkatan Mutu Dinas Kesehatan Kabupaten Landak mengatakan jajarannya mengikuti pelatihan penggunaan APAR dan simulasi jika terjadi kebakaran yang dilaksanakan di Puskesmas Semata, Selasa (15/10/2019).

Kegiatan dihadiri langsung Ketua Umum Badan Pemadan Api Swasta (BPAS) Ngabang Budi Santoso, SH, MM.

Hadir dalam kegiatan pelatihan
ini diwakili oleh 5 Bahkti yaitu dari yayasan Bhakti Damai, selaku ketua yayasan Bhakti Damai Liong Chandra turut hadir dalam kegiatan ini, Bhakti Sentosa, Bhakti Abadi, Bhakti Murni dan Bhakti Suci.

Materi disampaikan oleh tim Damkar bertempat diaula puskesms Semata dan simulasi dilaksanakan dihalaman puskesmas Semata, plasma 2, Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak.

Peserta pelatihan ini tergabung dari 5 puskesmas yaitu Puskesmas Mandor, Pahauman, Semata, Jelimpo dan Serimbu.

“Setiap puskesmas diwakili oleh 5 orang staf dan dihadiri juga oleh masing masing Kepala Puskesmas,”tutur Marsela.

Menurutnya kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan para peserta tentang penggunaan APAR dan penanggulangan jika terjadi kebakaran di dalam gedung dan pelatihan APAR ini merupakan agenda penting dalam rangkaian persiapan Akreditasi Fasilitas Pelayanan Tingkat Pertama.

“Dalam materi pelatihan disampaikan tentang tatalaksana jika terjadi kebakaran, jenis – jenis APAR, penggunaan APAR, sumber sumber api, efek jika terhirup carbon monoksida dan penggunaan masker khusus dan lain sebagainya,”tutup Marsela.

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.